image

material bambu hunian ramah lingkungan

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang mempunyai batang berongga dan beruas-ruas, jenisnya banyak sekali dan manfaat yang diberikan pada manusia pun cukup banyak. Beragam kreasi banyak dihasilkan dari bambu mulai dari alat musik, furniture hingga bahan bangunan yang digunakan dalam arsitektur rumah tinggal bambu. Jaman dahulu bambu merupakan material yang sering digunakan sebagai bahan bangunan selain kayu dan batu, terutama di Asia.

Kini seiring dengan gencarnya isu ecofriendly , banyak arsitek yang sudah mulai melirik bambu kembali sebagai elemen dalam desain perancangannya. Salah satu alasan pemilihan bambu adalah karena bambu sudah terkenal sebagai material alami yang elastis, kokoh, dan mampu menahan beban tekan, tarik, geser, maupun tekuk dengan baik. Keunikan bambu yang liat dan elastis serta bobot konstruksi yang ringan menjadikan rumah bambu lebih tahan terhadap gempa seperti rumah-rumah di kampung Naga yang didominasi unsur bambu dan kayu ketika terjadi gempa di Tasikmalaya lalu. Selain itu, harganya yang relatif murah, keberadaannya yang melimpah di alam,serta masa tumbuhnya yang cepat menjadi kelebihan lain dibandingkan material kayu. 
Sebagaimana fakta dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kehutanan IPB (Institut Pertanian Bogor) bahwa “Kuat tekan bambu yang berkualitas sama dengan kayu, bahkan kuat tariknya lebih baik daripada kayu”. Dengan dijadikannya sebagai material konstruksi, tentu bambu memiliki kelebihan, yakni mudah digunakan dan murah. Cara penyambungannya pun cukup dengan baut atau dapat menggunakan pengikat ijuk.

Sambungan antar struktur bambu dapat menggunakan baut, paku atau pasak dengan ijuk sebagai pengikatnya, sedangkan untuk bagian interior termasuk partisi antar ruang dan furniture, kombinasi bambu dengan ikatan rotan dapat menjadi salah satu pasangan serasi dalam melengkapi arsitektur rumah tinggal bambu.(red)


Banyak orang berpendapat bahwa bambu adalah material yang tidak tahan lama, padahal pada kenyataannya pernyataan tersebut tidaklah benar. Seperti halnya kayu yang memerlukan treatment khusus sebelum digunakan, bambu pun membutuhkan perlakuan khusus sebelum digunakan sebagai material bangunan agar dapat tahan lama. Cara yang paling mudah untuk mengawetkan bambu adalah melumurinya dengan bensin. lihat 

Aplikasi bambu pada arsitektur sendiri bisa sangat beragam di mulai dari lantai, dinding bahkan penutup atap. Selain itu bambu juga dapat digunakan sebagai penopang struktur pengganti besi atau tulangan besi pada struktur beton.Arsitektur bambu dapat diterapkan mulai dari bangunan – bangunan sederhana atau yang biasa di sebut saung sampai rumah semi permanen dengan kombinasi dinding bata, batu alam, lantai keramik dan atap genteng.


Agar usia pakai bambu lebih tahan lama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari waktu awal pemotongan sampai setelah bambu terpasang. Pada saat dilakukan pemotongan bambu harus dihindari saat-saat dimana kadar glukosa dari bambu itu sendiri sedang tinggi, karena glukosa ini merupakan kandungan yang disukai serangga pada bambu. Kelemahan bambu sebagai material rumah yang rentan terhadap kelembaban serta serangan rayap dan kumbang bubuk ini bisa teratasi dengan proses pengawetan bambu yang tepat serta pengaplikasian bambu yang tepat guna. Contohnya bila bambu sebagai kolom sebaiknya tidak bersentuhan langsung dengan tanah tetapi didirikan di atas pondasi umpak yang di tinggikan atau biasa di sebut konstruksi panggung. lihat

Selamat mencoba ya......

1 komentar:

ANDAN ARZULI,MZ mengatakan...

blognya bagus

Posting Komentar